VISI, MISI dan Tujuan Museum Batik Pekalongan

Jumat, 05 April 2013



Visi, Misi, dan Tujuan
Setelah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 12 Juli 2006 maka ditetapkan visi dan misi Museum Batik di Kota Pekalongan sebagai berikut :     
              
Visi :
Terwujudnya Museum Batik di Kota Pekalongan sebagai wadah untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan batik sebagai warisan budaya bangsa Indonesia serta pusat informasi yang perlu dikembangkan, dibina dan dipelihara keberadaannya.    

           
Misi :
1.      Mendorong masyarakat Indonesia untuk peduli terhadap keberadaan Museum Batik di kota Pekalongan sebagai wujud turut serta dalam pelestarian budaya Indonesia.
2. Mendorong minat pengusaha / perajin batik untuk terus menggali dan melestarikan motif lama dan menciptakan motif baru.
3.      Melakukan kegiatan dokumentasi, penelitian dan penyajian informasi serta mengkomunikasikannya kepada masyarakat agar dapat dimanfaatkan sepenuhnya bagi kepentingan masyarakat yang lebih luas.
4.      Memperluas lapangan kerja dan pemasaran.               
      
Tujuan :
1.      Terwujudnya Museum Batik di kota Pekalongan menjadi tempat pelestarian batik sebagai warisan   budaya Indonesia.
2.      Terwujudnya Museum Batik sebagai tempat tujuan wisata.
3.      Terwujudnya tampilan pameran batik yang informatif dan edukatif.
4.      Terwujudnya informasi batik yang dapat diakses oleh masyarakat.
5.      Terwujudnya minat masyarakat terhadap budaya batik Indonesia.
6.      Terbentuknya hubungan kerjasama dalam lingkungan internasional.  

0 komentar:

Posting Komentar